HELPDESK KPU KOTA SALATIGA SIAP MELAYANI

kota-salatiga.kpu.go.id- KPU Kota Salatiga menerima kunjungan dari KPU Provinsi Jawa Tengah, Jumat (5/8). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka monitoring pembentukan Helpdesk tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024. Tim monitoring di pimpin oleh Kabag Teknis dam Parhumas KPU Provinsi  Jawa Tengah Dewantoputro Adhipermana, dan disambut oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan, Divisi Parmas dan SDM, Sekretaris serta Kasubbag Teknis dan Parhumas KPU Kota Salatiga.

Dewo menyampaikan maksud dari monitoring ini adalah untuk melihat secara langsung kesiapan KPU Kab/kota dalam rangka memfasilitasi partai politik untuk pemenuhan persyaratan pendaftaran, verifikasi sampai penetapan partai politik menjadi peserrta pemilu 2024. Tim monitoring mengajukan beberapa pertanyaan dalam bentuk questioner antara lain ketersediaan sarana prasarana penunjang kegiatan helpdesk, partai yang teridentifikasi di Kota Salatiga dan partai apa saja yang sudah datang untuk berkonsultasi, dll.

Dayusman Junus selaku Divisi Teknis menjelaskan, bahwa pembentukan helpdesk sudah memedomani surat KPU RI Nomor 574 dan untuk personil yang terlibat sesuai dengan arahan KPU Provinsi Jawa Tengah. “Untuk partai yang sudah datang berkonsultasi baru satu yaitu partai Gelora, akan tetapi sifatnya lebih ke koordinasi saja. Sampai saat ini partai politik yang sudah teridentifikasi di Kota Salatiga berjumlah 19“, jelasnya.  Lebih lanjut disampaikan oleh Dayus, minimnya partai politik yang datang  ke Helpdesk karena sebelum masa pendaftaran partai politik, KPU Kota Salatiga sudah melaksanakan road show kunjungan ke Partai politik untuk sosialisasi dan koordinasi dengan partai politik terkait kesiapan mereka dalam pendaftaran.

Monitoring diakhiri dengan peninjauan  langsung ruangan Helpdesk yang ada di lantai II.  Ruangan untuk helpdesk tersebut dilengkapi dengan computer, printer, scanner serta ATK untuk menunjang kerja helpdesk. Dalam kesempatan tersebut ditunjukkan pula susunan persnonil piket, berbagai kelengkapan administrasi seperti SK, buku daftar hadir tamu, buku hasil konsultasi, absensi piket dan alur pelayanan helpdek.

Diinformasikan pula bahwa pada Jumat pagi diadakan briefing dan pembekalan tim helpdesk dilengkapi dengan simulasi pelayanan kepada partai politik yang datang dengan mengutamakan 3 S (Senyum, Salam dan Sapa). Dalam akhir monitoringnya Dewo menyampaikan supaya SOP harus di lokalkan, dan dimasukkan dalam diktum SK tim Helpdesk. (hmskpusltg/sf)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 49 Kali.